Bisnis Kewirausahaan & Cara Pemasaran Peralatan Budikdamber Maupun Ikan Hasil Budikdamber

A.    Pemasaran

Proses STP!

           STP (Segmenting, Targeting, Positioning) adalah suatu proses untuk menentukan arah kebijakan dan keberlangsungan dari sebuah promosi produk. Keuntungan dari melakukan proses STP adalah: (1) bisa fokus dalam mengalokasikan sumber daya dalam kegiatan promosi; (2) bisa mendapatkan gambaran yang lebih jelas mengenai peta kompetisi, sehingga membantu dalam menentukan strategi promosi dan pemasaran; (3) strategi yang tepat dapat membawa keberhasilan dalam mencapai tujuan.

Adapun tahapan dalam proses STP adalah:

·         Segmenting

Tahapan untuk memetakan pasar (sasaran program) dengan memilah-milahkan konsumen sesuai persamaan di antara mereka. Pemilahan ini bisa berdasarkan usia, tempat tinggal, penghasilan, gaya hidup, atau bagaimana cara mereka mengkonsumsi produk.

·         Targeting

Tahapan selanjutnya adalah targeting yang membidik/memilih kelompok konsumen mana yang akan kita sasar. Dimana kelompok tersebut memiliki kebutuhan akan produk yang kita jual dan punya peluang terbesar dalam membeli produk kita.

·         Positioning

Apabila target pasar (sasaran program) sudah jelas, maka tahapan selanjutnya yaitu positioning adalah bagaimana kita menjelaskan posisi produk kepada konsumen. Apa beda produk kita dibandingkan kompetitor dan apa saja keunggulannya. Positioning adalah bagaimana untuk meningkatkan sekaligus menempatkan produk yang kita buat terhadap pesaing kita dalam pikiran konsumen, dengan kata lain positioning dipakai untuk mengisi dan memenuhi keinginan konsumen dalam kategori tertentu. (PT. Perkebunan Nusantara X, 2014)

 

Bagaimana pemasarannya?

·         Bentuk brand untuk produknya

·         Buat packaging yang menarik

·         Pilih media pemasaran yang tepat sesuai target pasar

·         Buat konten untuk marketing dengan baik

 

Bagaimana cara membuat brand dengan baik

·         Lakukan observasi, analisis pasar dan evaluasi

Amati bagaimana calon lawan bisnis melakukan kegiatan marketing mereka. Bandingkan brand yang satu dengan lainnya sehingga mampu menemukan kelebihan serta kekurangannya.

·         Pilih atau buat nama yang menarik

·         Tentukan logo brand untuk menunjukkan identitas

Logo merupakan wajah dari bisnis. Oleh karena itu, logo brand tersebut supaya bisnis lebih terlihat profesional. Logo yang baik harus mampun menujukkan identitas bisnis, makna, serta filosofi di dalamnya sehingga mampu menyampaikan pesan maupun tujuan bisnis secara tersirat.

·         Buat slogan atau tagline untuk memperkuat identitas

Slogan brand mampu membuat brand bisa diingat dikepala konsumen, bahkan mampu menjadi top of mind jika diberi suatu kata tentang kategori produk misalnya “apa yang terlintas di pikiran kamu ketika mendengar air putih?” (Fastwork, 2018).

 

Bagaimana membuat packaging yang menarik?

·         Pilih warna yang tepat

Warna kemasan suatu produk sangat penting, hampir 90% dari pembelian didasarkan hanya pada warna (Fastwork, 2018).

·         Gunakan Desain yang Sederhana

Buatlah desain yang simpel namun tetap menarik jangan membuat desain yang terlalu rumit karena kesan yang ditampilkan akan membingungkan para konsumen. Buatlah desain kemasan produk yang mudah dibawa dan juga lebih mudah dikonsumsi para konsumen (Jurnal Enterpreneur, n.d).

·         Manfaatkan Gambar yang Menarik

Orang Indonesia cenderung lebih mudah menerima sesuatu yang berbau visual, oleh sebab itu cantumkan gambar agar lebih menarik minat pembeli (Jurnal Enterpreneur, n.d).

·         Tambahkan Informasi Penting Dengan Font Menarik

Pikirkan informasi apa yang akan ditambahkan di kemasan produk tersebut mengingat informasi-informasi itu juga sangat penting bagi konsumen. Buatlah informasi yang singkat jangan terlalu padat, dengan gambar yang unik dan font huruf yang menarik, agar konsumen tidak mengabaikan informasi tersebut dan mengetahui keunikannya (Jurnal Enterpreneur, n.d).

·         Pilihlah bahan kemasan yang menurut anda tepat

Kriteria pertimbangan pilihan bahan adalah dana, jangan sampai kemasan mempengaruhi kualitas produk, ramah lingkungan (Fastwork, 2018; Jurnal Enterpreneur, n.d).           

 

Bagaimana memilih media promosi?

·         Pilih media dimana segmen masyarakat yang ditarget banyak menggunakan media tersebut

Tidak ada salahnya ketika kita memilih media berjualan dengan pertimbangan banyaknya pengguna suatu platform secara keseluruhan. Tetapi lebih baik pemilihan media berjualan dipilih berdasarkan jumlah pengguna media dari segmen masyarakat yang dipilih. Misalnya anda menentukan segmen masyarakatnya adalah ibu-ibu rumah tangga, dapat memilih whatsapp sebagai media yang dipilih.

·         Pilih media yang sesuai dengan jenis format media pemasaran

            Bisa juga media yang dipilih berdasarkan dalam format apa media pemasaran akan dibuat. Misalnya media pemasaran lebih mengutamakan gambar dan video ketimbang tulisan bisa dipilih media seperti Instagram, kalau lebih mengutamakan teks maka bisa dipilih whatsapp sebagai media. Atau bahkan bisa memilih semuanya untuk memperluas jangkauan.

 

Bagaimana membuat konten promosi yang efektif

·         Konten jangan hanya fokus ke hard selling

Hard selling adalah cara promosi dengan memberi pesan langsung ke konsumen untuk membeli produk, tetapi mainkanlah kombinasi antara hard selling dan soft selling. Contohnya adalah ketika berjualan makanan olahan lele, maka jangan berfokus pada membuat konten untuk membujuk konsumen untuk membeli produk, tetapi buatlah konten promosi seperti “manfaat mengkonsumsi ikan lele”, “perbandingan gizi ikan lele”, dll.

·         Berikan Nilai Tambah Selain Menjual Produk

Hal ini merupakan praktik dari poin di pertama. Tujuannya adalah membangun hubungan antara konsumen dan bisnis Anda. jangan hanya membuat konten yang berisi produk dan jual beli produk saja tetapi juga berisi nilai edukasi ataupun nilai-nilai lain yang dapat meningkatkan citra positif dari brand Anda. Misalnya beberapa waktu Anda dapat membagikan post yang bernilai agama, nasihat, quote yang memberikan semangat dan sebagainya. Hal tersebut akan membuat hubungan yang lebih kuat dan lama (Pangestika, 2018).

·         Lihat tren yang terjadi di media sosial

Hal ini dapat bermanfaat karena mampu mendatangkan kunjungan ke akun media promosi kalian berkat algoritma aplikasi. Misalnya sedang tren meme wanita menangis dan kucing, maka kita bisa gunakan meme tersebut sebagai referensi dalam membuat konten promosi.

·         Manfaatkan Hashtag

Jika memilih media sosial sebagai platform untuk memasarkan produk, maka gunakanlah berbagai macam hashtag dalam setiap postingan materi promosi. Karena fitur Hashtag sangat membantu pengguna dalam mencari suatu informasi dan membuat percakapan atau komunikasi menjadi terukur.

 

B.     Bisnis Paket Budidaya Ikan Dalam Ember

 

1.      Latar Belakang

Ikan merupakan salah satu sumber protein yang mengandung banyak manfaat bagi masyarakat, selain ayam, sapi, dan kambing. Sebagai hewan yang memiliki banyak manfaat bagi masyarakat, tentunya ikan banyak dibudidayakan untuk memenuhi kebutuhan konsumsi masyarakat.

 

Namun di era sekarang budidaya ikan tidak harus dilakukan oleh pembudidaya besar saja, budidaya ikan bisa juga dilakukan oleh semua orang di rumah  dengan tempat dan modal yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan konsumsi rumah tangga. Selain bisa menghemat uang tanpa harus membeli, budidaya ikan di rumah juga dapat mengisi waktu luang, dan membuat ikan yang dikonsumsi lebih fresh karena langsung diambil dalam keadaan hidup.

 

Budidaya ikan di rumah umumnya dilakukan dengan menggunakan wadah ember, biasanya menggunakan ember dengan volume 80 liter. Budidaya ikan dengan wadah ember biasanya dikombinasikan dengan melakukan penanaman tanaman aquaponik pada bagian atasnya, agar budidaya lebih produktif dan juga berdampak baik pada ikan.

 

Berbagai macam ikan dapat dibudidayakan di dalam ember, namun tentunya tiap ikan memiliki kebutuhan yang berbeda-beda sehingga tiap jenis ikan memiliki tingkat kesulitan budidaya yang berbeda-beda. Banyak variasi ikan yang dapat dibudidayakan dalam ember, misalnya ikan lele, ikan sepat, ikan nila, ikan patin, ikan belut, ikan mas, ikan gabus, ikan betok, dan masih banyak lagi. Namun bagi yang baru pertama terjun ke dunia memelihara ikan, disarankan membudidayakan ikan lele, karena tingkat kesulitannya yang cenderung mudah, dan ikan lele memiliki kemampuan bertahan hidup yang lebih tinggi pada kondisi air yang kurang baik lebih tinggi dibanding jenis ikan lain.

 

Beberapa persiapan yang harus dilakukan untuk melakukan budidaya ikan dalam ember yaitu  ember yang sudah dimodifikasi, gelas plastik yang sudah dimodifikasi, arang, kapas, bibit tanaman aquaponik (misal kangkung, pakcoy), bibit ikan, aerator, dan pakan ikan.

 

Tentu dalam merakit set up budidaya ikan dalam ember dibutuhkan ketekunan dan ketelitian dalam membuatnya, sehingga banyak juga terjadi kegagalan yang menyebabkan rusaknya bahan-bahan yang berakhir pada kerugian. Selain itu mungkin tidak semua orang memiliki cukup waktu untuk berbelanja bahan-bahan satu persatu.

Oleh karena itu kami rasa dibutuhkan paket yang menyediakan set up budidaya yang sudah siap dan lengkap sehingga masyarakat bisa tinggal langsung membeli paket set up dan tinggal menjalankan budidaya saja, sehingga tidak harus repot berbelanja bahan dan merakit set up.

 

Bisnis ini memiliki peluang yang cukup besar mengingat sedang maraknya budidaya ikan dalam ember, apalagi selama masa pandemic ini, untuk mengisi waktu, juga memenuhi kebutuhan konsumsi.

 

2.      Tahap membuat produk

Tentunya hal yang diperlukan yaitu set up nya terlebih dahulu misal, ember, gelas plastik (bisa juga pot), dan aerator. Ember dimodifikasi dengan diberi lubang pada bagian samping bawah lalu dipasangi keran, dengan tujuan agar mudah saat dilakukan pergantian air. Selain lubang dibagian samping bawah, ember juga diberi lubang kecil beberapa buah  pada bagian samping atas dengan tujuan agar air bisa keluar tanpa meluber jika air terlalu penuh karena hujan. Gelas plastic juga dimodifikasi dengan diberi lubang dibagian bawah dan samping bawah dan dikaitkan dengan kawat ke ember sebagai wadah budidaya tanaman aquaponik. Satu ember 80 liter kira kira bisa dipasangi 16 wadah gelas plastik sebagai wadah tanaman aquaponik.

 

Setelah menyiapkan set up, persiapkan media untuk tanaman aquaponik, media yang kami gunakan yaitu berupa arang kelapa, dan kapas, bisa juga menggunakan tanah, tapi tanah cenderung akan membuat air di ember keruh.

 

Terakhir tinggal siapkan bibit ikan yang akan dibudidaya, dan pakan ikan, serta probiotik untuk ikan, agar ikan tetap dalam kondisi sehat dan stabil.

 

3.      Pehitungan Modal

 

1.      Ember 80 liter                                           : Rp. 60.000

2.      Aerator                                                      : Rp. 30.000

3.      Gelas plastic (option A)                            : Rp. 500

4.      Pot plastic (option B)                                : Rp. 4000

5.      Arang & kapas (per set up)                       : Rp. 15.000

6.      Bibit ikan lele (option )                             : Rp. 60.000

7.      Pakan ikan                                                : Rp. 9.000

8.      Probiotik                                                   : Rp. 26.000

                                                                                                     

Total                                                                                        Rp. 208.000 (option A)

                                                                                                Rp. 240.000 (option B)

 

C.    Jenis-jenis ikan yang cocok dalam ember

1.      Ikan lele

Ikan lele atau yang dalam bahasa latinnya disebut dengan Clarias ini merupakan ikan yang biasa hidup di air tawar. Memiliki tubuh yang pipih memanjang membuat ikan lele ini lebih lincah bergerak daripada ikan lain. Ditambah lagi dengan tubuhnya yang licin dan tidak bersisik membuatnya menjadi aktif bergerak. Ikan lele biasa hidup di perairan tawar seperti kolam-kolam pengembangbiakan, rawa-rawa, sungai dengan arus air lemah, dan di persawahan yang tergenang air. Habitat ikan lele aslinya berasal dari daerah Afrika. Untuk sejarah ikan lele sendiri, diketahui bahwa ikan lele jawa atau lele lokal lah yang menjadi lele asli perairan Nusantara.

Ikan lele ini memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi untuk memenuhi kebutuhan gizi sehari-hari terutama protein. Daging ikan lele mengandung lemak, protein, fosfor, dan vitamin B yang tentunya baik bagi tubuh kita. Orang-orang menyukai ikan lele karena dagingnya terasa gurih dan mudah diolah. Banyak cara untuk mengolah ikan lele ini, seperti di goreng, di goreng tepung, di mangut, atau dibuat menjadi pecel lele.

Ikan lele juga memiliki daya tahan hidupnya yang tinggi dan mampu bertahan hidup di air yang kotor sekalipun, ikan lele ternyata bisa membersihkan air yang kotor. Tetapi sebelumnya ikan lele harus diletakkan dulu selama beberapa hari di air yang bersih, kemudian baru diletakkan di air yang keruh. Ikan lele juga mampu membersihkan kolam yang terdapat banyak jentik-jentiknya.

2.      Ikan patin

Ikan patin (Pangasius sp.) merupakan salah satu ikan asli perairan Indonesia yang telah berhasil didomestikasi. Jenis–jenis ikan patin di Indonesia sangat banyak, antara lain Pangasius pangasius atau Pangasius jambal, Pangasius humeralis, Pangasius lithostoma, Pangasius nasutus, pangasius polyuranodon, Pangasius niewenhuisii. Ikan patin memiliki bentuk tubuh memanjang, berwarna putih perak dengan punggung berwarna kebiruan. Ikan patin kagak ada sisik, kepala ikan patin relatif kecil dengan mulut terletak diujung kepala agak ke bawah.

Untuk budidaya ikan patin, media atau lingkungan yang dibutuhkan tidaklah rumit, karena patin termasuk golongan ikan yang mampu bertahan pada lingkungan perairan yang jelek. Walaupun patin dikenal ikan yang mampu hidup pada lingkungan perairan yang jelek, namun ikan ini lebih menyukai perairan dengan kondisi perairan
baik (Kordi, 2005).

3.      Ikan sepat

Ikan sepat dengan nama latin Trichopodus trichopterus ini juga sering disebut dengan ikan labirin karena sistem pernafasan ikan ini berbentuk lipatan membran yang menutup tulang sehingga membuat bentuknya seperti labirin. Ikan Sepat ini memiliki habitat asli di Indonesia, Vietnam, Thailand, dan Malaysia. Ikan ini juga termasuk kedalam ikan hias besar yang dapat tumbuh hingga ukuran terbesar yaitu 20 cm. Ikan ini juga memiliki umur yang panjang yaitu dapat mencapai 6 tahun.

Ikan ini juga termasuk kedalam ikan hias besar yang dapat tumbuh hingga ukuran terbesar yaitu 20 cm. Ikan ini juga memiliki umur yang panjang yaitu dapat mencapai 6 tahun. Ikan sepat terbagi kedalam 5 jenis, yaitu:

1.      Ikan sepat padi

2.      Ikan sepat biru

3.      Ikan sepat madu

4.      Ikan sepat Mutiara

5.      Ikan sepat siam

Ikan sepat memiliki sifat yang tenang dan dapat hidup damai dengan ikan jenis lain. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan ikan ini menjadi agresif karena merasa terancam atau stres. Sebaiknya isi tanaman yang cukup banyak di dalam akuarium sebagai tempat bernaung ikan ini. Cahaya pada akuarium juga sebaiknya cukup terang.

4.      Ikan betook

Ikan Betok adalah sejenis ikan yang umumnya hidup liar di perairan tawar. Ikan ini juga dikenal dengan beberapa nama lain seperti bethok atau bethik (Jw.), puyu (Mly.) atau pepuyu (bahasa Banjar). Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai climbing gouramy atau climbing perch, merujuk pada kemampuannya memanjat ke daratan. Nama ilmiahnya adalah Anabas testudineus (Bloch, 1792). Betok umumnya ditemukan di rawa-rawa, sawahsungai kecil dan parit-parit, juga pada kolam-kolam yang mendapatkan air banjir atau berhubungan dengan saluran air terbuka.

Memiliki rasa yang nikmat dan gurih, ikan betok juga banyak mengandung khasiat tak terduga yang baik bagi kesehatan tubuh karena mengandung fosfor, omega 3, zat besi dan protein. Beberapa manfaat dari ikan betook, yaitu :

1.      Mengatasi masalah pengeroposan tulang

2.      Mampu menyembuhkan luka dengan cepat

3.      Membantu pembentukan otot tubuh

4.      Meningkatkan daya ingat

5. Solusi efektif bagi yang kurang memiliki nafsu makan

 

5.      Ikan gabus

Ikan gabus merupakan ikan tawar yang memiliki rasa yang tak kalah lezat dari ikan lainnya. Walaupun kalah populer dengan ikan tuna maupun salmon, ikan gabus atau channa striata memiliki jenis kandungan gizi yang lebih tinggi. Kandungan protein ikan gabus sebesar 25,5%, lebih tinggi jika dibandingkan dengan kadar protein dari ikan bandeng 20,0%, ikan mas 16,0%, ikan kakap 20,0%, ataupun ikan sarden sebesar 21,1%.

Ikan gabus memiliki beberapa manfaat diantaranya, yaitu :

1.      Pembentukan dan pertumbuhan otot

2.      Menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh

3.      Memperbaiki gizi buruk

4.      Sehat untuk pencernaan

5.      Mempercepat penyembuhan luka

 

6.        Ikan Gurame

Ikan gurami (Oshpronemus gouramy, Lacepede) merupakan jenis ikan konsumsi air tawar, bentuk badan pipih lebar, bagian punggung berwarna merah sawo dan bagian perut berwarnakekuning-kuningan/keperak-perakan. Ikan ini merupakan salah satu komoditi perikanan air tawar yang cukup penting apabila dilihat dari permintaannya yang cukup besar dan harganya yang relatif tinggi dibandingkan dengan ikan air tawar lainnya

Gurame memiliki kandungan gizi yang tinggi dan baik untuk tubuh. Kandungan protein, vitamin A dan B, serta asam aminonya yang tinggi baik untuk pertumbuhan.  Selain itu, ikan gurame memiliki kadar air tinggi dan kandungan lemak yang rendah sehingga juga baik untuk Anda yang sedang melakukan diet rendah lemak.

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manajemen Pakan dan Kualitas Air pada Budidaya Ikan Lele (Clarias Geriepinus) dalam Ember di Desa Cipacing

Budidaya Ikan dalam Ember (Budikdamber)