Bisnis Kewirausahaan & Cara Pemasaran Peralatan Budikdamber Maupun Ikan Hasil Budikdamber
A.
Pemasaran
Proses
STP!
STP (Segmenting, Targeting,
Positioning) adalah suatu proses untuk menentukan arah kebijakan dan
keberlangsungan dari sebuah promosi produk. Keuntungan dari melakukan proses
STP adalah: (1) bisa fokus dalam mengalokasikan sumber daya dalam kegiatan
promosi; (2) bisa mendapatkan gambaran yang lebih jelas mengenai peta
kompetisi, sehingga membantu dalam menentukan strategi promosi dan pemasaran;
(3) strategi yang tepat dapat membawa keberhasilan dalam mencapai tujuan.
Adapun
tahapan dalam proses STP adalah:
·
Segmenting
Tahapan
untuk memetakan pasar (sasaran program) dengan memilah-milahkan konsumen sesuai
persamaan di antara mereka. Pemilahan ini bisa berdasarkan usia, tempat
tinggal, penghasilan, gaya hidup, atau bagaimana cara mereka mengkonsumsi
produk.
·
Targeting
Tahapan
selanjutnya adalah targeting yang membidik/memilih kelompok konsumen mana yang
akan kita sasar. Dimana kelompok tersebut memiliki kebutuhan akan produk yang
kita jual dan punya peluang terbesar dalam membeli produk kita.
·
Positioning
Apabila
target pasar (sasaran program) sudah jelas, maka tahapan selanjutnya yaitu
positioning adalah bagaimana kita menjelaskan posisi produk kepada konsumen. Apa
beda produk kita dibandingkan kompetitor dan apa saja keunggulannya.
Positioning adalah bagaimana untuk meningkatkan sekaligus menempatkan produk
yang kita buat terhadap pesaing kita dalam pikiran konsumen, dengan kata lain
positioning dipakai untuk mengisi dan memenuhi keinginan konsumen dalam
kategori tertentu.
Bagaimana
pemasarannya?
·
Bentuk
brand untuk produknya
·
Buat
packaging yang menarik
·
Pilih
media pemasaran yang tepat sesuai target pasar
·
Buat
konten untuk marketing dengan baik
Bagaimana
cara membuat brand dengan baik
·
Lakukan
observasi, analisis pasar dan evaluasi
Amati bagaimana calon lawan
bisnis melakukan kegiatan marketing mereka. Bandingkan brand yang satu dengan
lainnya sehingga mampu menemukan kelebihan serta kekurangannya.
·
Pilih
atau buat nama yang menarik
·
Tentukan
logo brand untuk menunjukkan identitas
Logo merupakan wajah dari bisnis.
Oleh karena itu, logo brand tersebut supaya bisnis lebih terlihat profesional.
Logo yang baik harus mampun menujukkan identitas bisnis, makna, serta filosofi
di dalamnya sehingga mampu menyampaikan pesan maupun tujuan bisnis secara
tersirat.
·
Buat
slogan atau tagline untuk memperkuat identitas
Slogan brand mampu membuat
brand bisa diingat dikepala konsumen, bahkan mampu menjadi top of mind
jika diberi suatu kata tentang kategori produk misalnya “apa yang terlintas di
pikiran kamu ketika mendengar air putih?”
Bagaimana membuat packaging
yang menarik?
·
Pilih
warna yang tepat
Warna
kemasan suatu produk sangat penting, hampir 90% dari pembelian didasarkan hanya
pada warna
·
Gunakan
Desain yang Sederhana
Buatlah desain yang simpel namun
tetap menarik jangan membuat desain yang terlalu rumit karena kesan yang
ditampilkan akan membingungkan para konsumen. Buatlah desain kemasan produk
yang mudah dibawa dan juga lebih mudah dikonsumsi para konsumen
·
Manfaatkan
Gambar yang Menarik
Orang Indonesia cenderung lebih
mudah menerima sesuatu yang berbau visual, oleh sebab itu cantumkan gambar agar
lebih menarik minat pembeli
·
Tambahkan
Informasi Penting Dengan Font Menarik
Pikirkan informasi apa yang akan
ditambahkan di kemasan produk tersebut mengingat informasi-informasi itu juga
sangat penting bagi konsumen. Buatlah informasi yang singkat jangan terlalu
padat, dengan gambar yang unik dan font huruf yang menarik, agar konsumen tidak
mengabaikan informasi tersebut dan mengetahui keunikannya
·
Pilihlah
bahan kemasan yang menurut anda tepat
Kriteria pertimbangan pilihan bahan adalah dana,
jangan sampai kemasan mempengaruhi kualitas produk, ramah lingkungan
Bagaimana memilih media
promosi?
·
Pilih
media dimana segmen masyarakat yang ditarget banyak menggunakan media tersebut
Tidak ada salahnya ketika
kita memilih media berjualan dengan pertimbangan banyaknya pengguna suatu platform
secara keseluruhan. Tetapi lebih baik pemilihan media berjualan dipilih
berdasarkan jumlah pengguna media dari segmen masyarakat yang dipilih. Misalnya
anda menentukan segmen masyarakatnya adalah ibu-ibu rumah tangga, dapat memilih
whatsapp sebagai media yang dipilih.
·
Pilih
media yang sesuai dengan jenis format media pemasaran
Bisa
juga media yang dipilih berdasarkan dalam format apa media pemasaran akan
dibuat. Misalnya media pemasaran lebih mengutamakan gambar dan video ketimbang
tulisan bisa dipilih media seperti Instagram, kalau lebih mengutamakan
teks maka bisa dipilih whatsapp sebagai media. Atau bahkan bisa memilih
semuanya untuk memperluas jangkauan.
Bagaimana membuat konten
promosi yang efektif
·
Konten
jangan hanya fokus ke hard selling
Hard selling adalah cara promosi
dengan memberi pesan langsung ke konsumen untuk membeli produk, tetapi
mainkanlah kombinasi antara hard selling dan soft selling.
Contohnya adalah ketika berjualan makanan olahan lele, maka jangan berfokus
pada membuat konten untuk membujuk konsumen untuk membeli produk, tetapi
buatlah konten promosi seperti “manfaat mengkonsumsi ikan lele”, “perbandingan
gizi ikan lele”, dll.
·
Berikan
Nilai Tambah Selain Menjual Produk
Hal ini merupakan praktik dari
poin di pertama. Tujuannya adalah membangun hubungan antara konsumen dan bisnis
Anda. jangan hanya membuat konten yang berisi produk dan jual beli produk saja
tetapi juga berisi nilai edukasi ataupun nilai-nilai lain yang dapat
meningkatkan citra positif dari brand Anda. Misalnya beberapa waktu Anda dapat
membagikan post yang bernilai agama, nasihat, quote yang memberikan semangat
dan sebagainya. Hal tersebut akan membuat hubungan yang lebih kuat dan lama
·
Lihat
tren yang terjadi di media sosial
Hal ini dapat bermanfaat karena
mampu mendatangkan kunjungan ke akun media promosi kalian berkat algoritma
aplikasi. Misalnya sedang tren meme wanita menangis dan kucing, maka kita bisa
gunakan meme tersebut sebagai referensi dalam membuat konten promosi.
·
Manfaatkan
Hashtag
Jika memilih media sosial sebagai
platform untuk memasarkan produk, maka gunakanlah berbagai macam hashtag dalam
setiap postingan materi promosi. Karena fitur Hashtag sangat membantu pengguna
dalam mencari suatu informasi dan membuat percakapan atau komunikasi menjadi
terukur.
B.
Bisnis
Paket Budidaya Ikan Dalam Ember
1.
Latar
Belakang
Ikan merupakan salah satu
sumber protein yang mengandung banyak manfaat bagi masyarakat, selain ayam,
sapi, dan kambing. Sebagai hewan yang memiliki banyak manfaat bagi masyarakat,
tentunya ikan banyak dibudidayakan untuk memenuhi kebutuhan konsumsi
masyarakat.
Namun di era sekarang
budidaya ikan tidak harus dilakukan oleh pembudidaya besar saja, budidaya ikan
bisa juga dilakukan oleh semua orang di rumah
dengan tempat dan modal yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan konsumsi
rumah tangga. Selain bisa menghemat uang tanpa harus membeli, budidaya ikan di
rumah juga dapat mengisi waktu luang, dan membuat ikan yang dikonsumsi lebih
fresh karena langsung diambil dalam keadaan hidup.
Budidaya ikan di rumah
umumnya dilakukan dengan menggunakan wadah ember, biasanya menggunakan ember
dengan volume 80 liter. Budidaya ikan dengan wadah ember biasanya
dikombinasikan dengan melakukan penanaman tanaman aquaponik pada bagian
atasnya, agar budidaya lebih produktif dan juga berdampak baik pada ikan.
Berbagai macam ikan dapat
dibudidayakan di dalam ember, namun tentunya tiap ikan memiliki kebutuhan yang
berbeda-beda sehingga tiap jenis ikan memiliki tingkat kesulitan budidaya yang
berbeda-beda. Banyak variasi ikan yang dapat dibudidayakan dalam ember, misalnya
ikan lele, ikan sepat, ikan nila, ikan patin, ikan belut, ikan mas, ikan gabus,
ikan betok, dan masih banyak lagi. Namun bagi yang baru pertama terjun ke dunia
memelihara ikan, disarankan membudidayakan ikan lele, karena tingkat
kesulitannya yang cenderung mudah, dan ikan lele memiliki kemampuan bertahan
hidup yang lebih tinggi pada kondisi air yang kurang baik lebih tinggi
dibanding jenis ikan lain.
Beberapa persiapan yang
harus dilakukan untuk melakukan budidaya ikan dalam ember yaitu ember yang sudah dimodifikasi, gelas plastik
yang sudah dimodifikasi, arang, kapas, bibit tanaman aquaponik (misal kangkung,
pakcoy), bibit ikan, aerator, dan pakan ikan.
Tentu dalam merakit set up budidaya ikan dalam ember
dibutuhkan ketekunan dan ketelitian dalam membuatnya, sehingga banyak juga
terjadi kegagalan yang menyebabkan rusaknya bahan-bahan yang berakhir pada
kerugian. Selain itu mungkin tidak semua orang memiliki cukup waktu untuk
berbelanja bahan-bahan satu persatu.
Oleh karena itu kami rasa
dibutuhkan paket yang menyediakan set up budidaya yang sudah siap dan lengkap
sehingga masyarakat bisa tinggal langsung membeli paket set up dan tinggal
menjalankan budidaya saja, sehingga tidak harus repot berbelanja bahan dan
merakit set up.
Bisnis ini memiliki
peluang yang cukup besar mengingat sedang maraknya budidaya ikan dalam ember,
apalagi selama masa pandemic ini, untuk mengisi waktu, juga memenuhi kebutuhan
konsumsi.
2.
Tahap
membuat produk
Tentunya hal yang
diperlukan yaitu set up nya terlebih dahulu misal, ember, gelas plastik (bisa
juga pot), dan aerator. Ember dimodifikasi dengan diberi lubang pada bagian
samping bawah lalu dipasangi keran, dengan tujuan agar mudah saat dilakukan
pergantian air. Selain lubang dibagian samping bawah, ember juga diberi lubang
kecil beberapa buah pada bagian samping
atas dengan tujuan agar air bisa keluar tanpa meluber jika air terlalu penuh
karena hujan. Gelas plastic juga dimodifikasi dengan diberi lubang dibagian
bawah dan samping bawah dan dikaitkan dengan kawat ke ember sebagai wadah
budidaya tanaman aquaponik. Satu ember 80 liter kira kira bisa dipasangi 16
wadah gelas plastik sebagai wadah tanaman aquaponik.
Setelah menyiapkan set
up, persiapkan media untuk tanaman aquaponik, media yang kami gunakan yaitu
berupa arang kelapa, dan kapas, bisa juga menggunakan tanah, tapi tanah
cenderung akan membuat air di ember keruh.
Terakhir tinggal siapkan
bibit ikan yang akan dibudidaya, dan pakan ikan, serta probiotik untuk ikan,
agar ikan tetap dalam kondisi sehat dan stabil.
3.
Pehitungan
Modal
1.
Ember
80 liter :
Rp. 60.000
2.
Aerator :
Rp. 30.000
3.
Gelas
plastic (option A) :
Rp. 500
4.
Pot
plastic (option B) :
Rp. 4000
5.
Arang
& kapas (per set up) :
Rp. 15.000
6.
Bibit
ikan lele (option ) :
Rp. 60.000
7.
Pakan
ikan :
Rp. 9.000
8.
Probiotik
:
Rp. 26.000
Total
Rp. 208.000 (option A)
Rp.
240.000 (option B)
C.
Jenis-jenis
ikan yang cocok dalam ember
1.
Ikan
lele
Ikan
lele atau yang dalam bahasa latinnya disebut dengan Clarias ini
merupakan ikan yang biasa hidup di air tawar. Memiliki tubuh yang pipih
memanjang membuat ikan lele ini lebih lincah bergerak daripada ikan lain.
Ditambah lagi dengan tubuhnya yang licin dan tidak bersisik membuatnya menjadi
aktif bergerak. Ikan lele biasa hidup di perairan tawar seperti kolam-kolam
pengembangbiakan, rawa-rawa, sungai dengan arus air lemah, dan di persawahan
yang tergenang air. Habitat ikan lele aslinya berasal dari daerah Afrika. Untuk
sejarah ikan lele sendiri, diketahui bahwa ikan lele jawa atau lele lokal lah yang
menjadi lele asli perairan Nusantara.
Ikan
lele ini memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi untuk memenuhi kebutuhan
gizi sehari-hari terutama protein. Daging ikan lele mengandung lemak, protein,
fosfor, dan vitamin B yang tentunya baik bagi tubuh kita. Orang-orang menyukai
ikan lele karena dagingnya terasa gurih dan mudah diolah. Banyak cara untuk
mengolah ikan lele ini, seperti di goreng, di goreng tepung, di mangut, atau
dibuat menjadi pecel lele.
Ikan
lele juga memiliki daya tahan hidupnya yang tinggi dan mampu bertahan hidup di
air yang kotor sekalipun, ikan lele ternyata bisa membersihkan air yang kotor.
Tetapi sebelumnya ikan lele harus diletakkan dulu selama beberapa hari di air
yang bersih, kemudian baru diletakkan di air yang keruh. Ikan lele juga mampu
membersihkan kolam yang terdapat banyak jentik-jentiknya.
2.
Ikan
patin
Ikan patin
(Pangasius sp.) merupakan salah satu ikan asli perairan Indonesia yang telah
berhasil didomestikasi. Jenis–jenis ikan patin di Indonesia sangat banyak,
antara lain Pangasius pangasius atau Pangasius jambal, Pangasius humeralis,
Pangasius lithostoma, Pangasius nasutus, pangasius polyuranodon, Pangasius
niewenhuisii. Ikan patin memiliki bentuk tubuh memanjang, berwarna putih perak
dengan punggung berwarna kebiruan. Ikan patin kagak ada sisik, kepala ikan
patin relatif kecil dengan mulut terletak diujung kepala agak ke bawah.
Untuk budidaya
ikan patin, media atau lingkungan yang dibutuhkan tidaklah rumit, karena patin
termasuk golongan ikan yang mampu bertahan pada lingkungan perairan yang jelek.
Walaupun patin dikenal ikan yang mampu hidup pada lingkungan perairan yang jelek,
namun ikan ini lebih menyukai perairan dengan kondisi perairan
baik (Kordi, 2005).
3.
Ikan
sepat
Ikan sepat dengan
nama latin Trichopodus trichopterus ini juga sering disebut
dengan ikan labirin karena sistem pernafasan ikan ini berbentuk lipatan membran
yang menutup tulang sehingga membuat bentuknya seperti labirin. Ikan Sepat ini
memiliki habitat asli di Indonesia, Vietnam, Thailand, dan Malaysia. Ikan ini juga termasuk kedalam ikan hias besar yang
dapat tumbuh hingga ukuran terbesar yaitu 20 cm. Ikan ini juga memiliki umur
yang panjang yaitu dapat mencapai 6 tahun.
Ikan
ini juga termasuk kedalam ikan hias besar yang dapat tumbuh hingga ukuran
terbesar yaitu 20 cm. Ikan ini juga memiliki umur yang panjang yaitu dapat
mencapai 6 tahun. Ikan sepat terbagi kedalam 5 jenis, yaitu:
1.
Ikan
sepat padi
2.
Ikan
sepat biru
3.
Ikan
sepat madu
4.
Ikan
sepat Mutiara
5.
Ikan
sepat siam
Ikan sepat memiliki
sifat yang tenang dan dapat hidup damai dengan ikan jenis lain. Meski begitu,
tidak menutup kemungkinan ikan ini menjadi agresif karena merasa terancam atau
stres. Sebaiknya isi tanaman yang cukup banyak di dalam akuarium sebagai tempat
bernaung ikan ini. Cahaya pada akuarium juga sebaiknya cukup terang.
4.
Ikan
betook
Ikan Betok adalah
sejenis ikan yang umumnya hidup liar
di perairan tawar. Ikan ini juga dikenal
dengan beberapa nama lain seperti bethok atau bethik (Jw.), puyu (Mly.)
atau pepuyu (bahasa Banjar). Dalam bahasa Inggris dikenal
sebagai climbing gouramy atau climbing perch, merujuk
pada kemampuannya memanjat ke daratan. Nama ilmiahnya adalah Anabas testudineus (Bloch,
1792). Betok umumnya ditemukan di rawa-rawa, sawah, sungai kecil dan parit-parit, juga pada kolam-kolam yang mendapatkan air banjir atau berhubungan dengan
saluran air terbuka.
Memiliki rasa
yang nikmat dan gurih, ikan betok juga banyak mengandung khasiat tak terduga
yang baik bagi kesehatan tubuh karena mengandung fosfor, omega 3, zat besi dan
protein. Beberapa manfaat dari ikan betook, yaitu :
1.
Mengatasi
masalah pengeroposan tulang
2.
Mampu
menyembuhkan luka dengan cepat
3.
Membantu
pembentukan otot tubuh
4.
Meningkatkan
daya ingat
5. Solusi
efektif bagi yang kurang memiliki nafsu makan
5.
Ikan
gabus
Ikan gabus merupakan ikan tawar
yang memiliki rasa yang tak kalah lezat dari ikan lainnya. Walaupun kalah
populer dengan ikan tuna maupun salmon, ikan gabus atau channa striata memiliki
jenis kandungan gizi yang lebih tinggi. Kandungan protein ikan gabus
sebesar 25,5%, lebih tinggi jika dibandingkan dengan kadar protein dari ikan
bandeng 20,0%, ikan mas 16,0%, ikan kakap 20,0%, ataupun ikan sarden sebesar
21,1%.
Ikan gabus memiliki beberapa
manfaat diantaranya, yaitu :
1.
Pembentukan
dan pertumbuhan otot
2.
Menjaga
keseimbangan cairan dalam tubuh
3.
Memperbaiki
gizi buruk
4.
Sehat
untuk pencernaan
5.
Mempercepat
penyembuhan luka
6.
Ikan Gurame
Ikan gurami (Oshpronemus gouramy,
Lacepede) merupakan jenis ikan konsumsi air tawar, bentuk badan pipih lebar,
bagian punggung berwarna merah sawo dan bagian perut
berwarnakekuning-kuningan/keperak-perakan. Ikan ini merupakan salah satu
komoditi perikanan air tawar yang cukup penting apabila dilihat dari
permintaannya yang cukup besar dan harganya yang relatif tinggi dibandingkan
dengan ikan air tawar lainnya
Gurame memiliki
kandungan gizi yang tinggi dan baik untuk tubuh. Kandungan protein, vitamin A
dan B, serta asam aminonya yang tinggi baik untuk
pertumbuhan. Selain itu, ikan gurame memiliki kadar air tinggi dan
kandungan lemak yang rendah sehingga juga baik untuk Anda yang sedang melakukan
diet rendah lemak.
Komentar
Posting Komentar